MENU

Sunday, 30 September 2012

PROFIL MTs AL AMIRIYYAH


P  R  O  F  I  L
MADRASAH TSANAWIYAH AL –AMIRIYYAH
BLOKAGUNG-TEGALSARI-BANYUWANGI
STATUS TERAKREDITASI –A  NSM : 121235100017   NUS : 210210  NPSN : 20525958
ALAMAT: Jl. PP. Darussalam Blokagung Tegalsari Banuwangi  Tlp. (0333) 845973


A.     IDENTITAS MADRASAH :
1.  Nama Madrasah                         : MTs Al Amiriyyah
2.  Jenis Madrasah                          : SLTP
3.  Nomor Statistik Madrasah           : 121235100017
4.  Nomor Urut Sekolah                    : 210210
5.  NPSN                                        : 20581701
6.  Alamat Madrasah                        :
  a. Dusun                                     : Blokagung
  b. Desa                                      : Karangdoro
  c. Kecamatan                             : Tegalsari
  d. Kabupaten                              : Banyuwangi
  e. Propinsi                                  : Jawa Timur
  f. Kode Area/ No.Telp/e-mail        : (0333) 845973 / mts.alamiriyyah@ymail.com
  g. Kode Pos                                : 68485 Jajag
7.  Jarak Lokasi ke Ibu Kota             :
  a. Desa                                      : 01   Km
  b. Kecamatan                             : 10   Km
  d. Kabupaten                              : 55   Km
  e. Propinsi                                  : 305 Km
8.  Tahun berdiri                               : 02 April 1968
9.  Pendiri                                       : Yayasan Pondok Pesantren Darussalam
     10. Status Madrasah                         : Terakreditasi – A
     11. P i a g a m                                  : Depag RI Wilayah Jawa Timur
           a. Nomor                                    : A/Kw.13.4/MTs/953/2006
           b. Tanggal                                  : Surabaya, 20 Februari 2006
     12. Waktu Belajar                             : Pagi Hari
     13. Kurikulum Yang Digunakan          : Kementerian Agama & Yayasan

B.      SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA MADRASAH
Madrasah Tsanawiyah Al AMiriyyah (MTsA) Blokagung adalah salah satu dari sekian unit pendidikan yang ada dibawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi yang merupakan anggota KKM MTs Negeri Sambirejo.
MTs Al Amiriyyah berdiri sejak tanggal 02 April 1968, dengan demikian sampai saat ini kurang lebih sudah berusia 43 tahun, pada tanggal 26 Nopember 1983 mendapat akte pendirian dengan No.LM/3712-13/1983 dengan Nomor Statistik Madrasah (NSM) : 121235100017 dan pada tahun 2003 memperoleh Nomor urut Sekolah (NUS) dari Dinas P dan K kota Banyuwangi dengan Nomor : 210210. dan MTs Al Amiriyyah merupakan salah satu MTs Swasta terbanyak siswanya di Banyuwangi dengan jumlah siswa 4 tahun terakhir adalah :
Tahun pelajaran
KELAS VII
KELAS VIII
KELAS IX
JUMLAH
LK
PR
LK
PR
LK
PR
LK & PR
2008/2009
102
98
114
78
98
74
564
2009/2010
88
74
95
72
83
68
480
2010/2011
97
97
102
66
74
69
505
2011/2012
118
136
99
104
87
67
611
2012/2013







yang terbagi menjadi 17 Rombel (Rombongan Belajar) pada tahun 2011-2012.

Sejak berdirinya MTs Al Amiriyyah sampai tahun 1980 masih mengikuti Program Kurikulum Madrasah Diniyyah (Madrasah yang ada di Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi), siswa-siswi dalam proses belajar-mengajar terpisah antara putra dan putri dan seragamnya masih menggunakan ala pondok pesantren yang mengunakan sarung dan sandal, materi pelajaran bercampur antara materi yang berasal dari Departemen Agama dengan materi yang berasal dari Diniyyah Pondok Pesantren. Namun seiring dengan perkembangan zaman, situasi dan kemajuan tehnologi, keadaan pendidikan di MTs Al Amiriyyah juga mengalami perubahan baik dalam bidang proses belajar mengajar dan kerapian serta ketertiban pelaksanaan Proses Belajar Mengajar (PBM).
Kepemimpinan MTs Al Amiriyyah tahun 1979 sampai dengan 1982 di pimpin oleh KH. Ahmad Hisyam Syafa’at, S.Sos.I, M.H.  Sebagai kepala sekolah pada tahun 1981-1982 MTs Al Amiriyyah dengan perhatian Departemen Agama yang membina dan mengembangkan pendidikan yang ada di dalam Pondok Pesantren, sejak itu MTs Al Amiriyyah mengikuti kurikulum Departemen Agama, sekaligus peserta didiknya berhak mengikuti Ujian Negara.
Departemen Agama dengan segala perhatiannya pada tahun 1981 mengirim bantuan guru ke MTs Al Amiriyyah, beliau adalah Bapak Djoko Supriyono, S.Ag, M.Pd.I yang dinasnya terhitung 01 Agustus 1981 dengan S.K Ka Depag Kabupaten Banyuwangi Nomor : Min.26/1a/Agustus/81. Mulai tahun 1983-1984 dipercaya sebagai Kepala Sekolah MTs Al Amiriyyah Pon-Pes Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi samapai dengan tahun 1994, kemudian beliau ditugaskan di Madrasah Aliyah Al Amiriyyah, kepala sekolah MTs Al Amiriyyah ditugaskan kepada Drs. M. Khozin Kharis 1994 sampai tahun 2000. kemudian pada tahun 2001 beliau ditugaskan ke Madrasah Aliyah Al Amiriyyah dan Kepala MTs Al Amiriyyah pada tahun 2001 samapai dengan 2008 dikepalai oleh Drs. Muh. Nuchi, M.Pd.I, kemudian setelah itu digantikan oleh Bapak Masrofi, M.Pd.I sampai sekarang.


C.      VISI DAN MISI MTs Al Amiriyyah
1.                           VISI         : “Unggul dalam kompetensi agama memilki akademik, life skilldan  berakhlakul karimah”

2.         MISI     :
-  membekali pengetahuan agama islam yang kuat.
-  meningkatkan kesadaran diri siswa atas tugas dan kewajiban beribadah
-  meningkatkan kualitas tingkat kelulusan
-  mengenalkan dan membekali siswa dengan ketrampilan kecakapan
        hidup 
-  mengamalkan dan melaksanakan budaya ahlakul karimah dalam
        kehidupan sehari-hari

D.     PROGRAM DAN SCHEDULE SEKOLAH
No
Tanggal
Jenis Kegiatan
Kelas IX
Kelas VII dan VIII
1
01-13  Jul ‘11
Libur
Libur
2
14-31 Jul ‘11
Jam Efektif
Jam Efektif
3
01-08 Nov ‘11
Bimbingan UAN
Jam Efektif
4
09-14 Nov ‘11
Midle Semester
Midle Semester
5
15 Nov – 12 Des ‘‘11
Jam Efektif
Jam Efektif
6
12-18 Des ‘11
Semester Ganjil
Semester Ganjil
7
19 Jan – 01 Feb ‘12
Jam Efektif
Jam Efektif
8
02 – 05 Feb ‘12
Try Out I
Jam Efektif
9
06 – 28 Feb ‘12
Jam Efektif
Jam Efektif
10
02 – 05  Mar ‘12
Try Out II
Jam Efektif
11
06 – 07 Mar ‘12
Jam Efektif
Jam Efektif
12
08 – 17 Mar ‘12
Libur Maulud
Libur Maulud
13
18 – 22 Mar ‘12
Jam Efektif
Jam Efektif
14
23 – 26  Mar ‘12
Try Out III
Jam Efektif
15
27-29 Mar ‘12
Jam Efektif
Jam Efektif
16
30 Mar - 04 Apr ‘12
Semester Genap
Jam Efektif
17
05 – 06 Apr ‘12
Ujuan Susulan
Jam Efektif
18
07 – 26 Apr ‘12
Jam Efektif
Jam Efektif
19
27 – 30 Apr ‘12
UAN ‘09
Libur
20
01 – 03 Apr 12
Jam Efektif
Jam Efektif
21
04 – 07 Apr ‘12
Ujian Susulan
Jam Efektif
22
08 – 14 Apr ‘12
Ujian Praktek
Jam Efektif
23
15 – 20 Mei ‘12
UAM
Libur
24
21 – 23 Mei ‘12
UAY
Libur
25
15 – 21 Jun ‘12
Libur
Semester Genap
26
22 – 23 Jun ‘12
Libur
Remidi / Susulan
27
24 Jun ‘12
Sidang Kelulusan Yayasan
Sidang Kenaikan  Kelas
28
25 Jun ‘12
Libur
Pembagian Raport





E.     PENGORGANISASIAN
1.                  STRUKTUR ORGANISASI SEKOLAH

STRUKTUR ORGANISASI MTs AL AMIRIYYAH
Blokagung Tegalsari Banyuwangi
Tahun Ajaran 2011/2012
 




 2.  JOB DISCRIPTION 
      a.      KEPALA SEKOLAH
Kepala Sekolah bertugas dan berfungsi sebagai Edukator, Manager, Administrator     dan Supervisor, Pemimpin/Leader Inovator
1)      Kepala Sekolah Selaku Edukator
Kepala Sekolah selaku edukator bertugas melaksanakan proses belajar mengajar secara efektif dan efesien (lihat tugas guru)
2)             Kepala Sekolah Selaku Manager:
a.       Menyusun perencanaan.
b.      Mengorganisasikan kgiatan.
c.       Mengarahkan kegiatan.
d.      Mengkoordinasikan kegiatan.
e.       Melaksanakan pengawasan.
f.       Melakukan evaluasi terhadap kegiatan.
g.      Menentukan kebijaksanaan.
h.      Mengadakan rapat.
i.        Mengambil keputusan.
j.        Mengatur proses belajar mengajar.
k.      Mengatur Administrasi, Ketatausahaan, Siswa, Ketenagaan, Sarana dan Prasarana, Keuangan/RAPBS.
l.        Mengatur Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).
m.    Mengatur hubungan sekolah dengan masyarakat dan instansi terkait.

3)             Kepala Sekolah Selaku Administrator
1.         Perencanaan                             11. Ketatausahaan                      
2.         Bimbingan Konseling                12. Pengorganisasisan                
3.         Ketenagaan                               13. UKS
4.         Pengarahan                               14. Kantor                                   
5.         OSIS                                           15. Pengkoordinasian                 
6.         Keuangan                                  16.Serbaguna
7.         Pengawasan                              17. Perpustakaan                        
8.         Media                                        18. Kurikulum                             
9.         Laboratorium                            19. Gudang
10.     Kesiswaan                                  20. Ruang Ketrampilan
4)             Kepala Sekolah Selaku Supervisor
a.       Proses belajar mengajar
b.      Kegiatan bimbuingan dan konseling
c.       Kegiatan ekstrakulikuler
d.      Kegiatan ketatausahaan
e.       Kegiatan kerjasama dengan masyarakat dan instansi terkait
f.       Sarana dan prasarana
g.      Kegiatan OSIS
5)             Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin/Leader
a.         Dapat dipercaya, jujur dan bertanggung jawab
b.         Memahami kondisi guru
c.         Memiliki visi dan misi sekolah
d.        Mengambil keputusanurusan intern dan ekstern sekolah
6)             Kepala Sekolah Sebagai Inovator
1.         Melakukan pembaharuan dibidang :
a.      KBM
b.      BK
c.       Ekstrakulikuler
d.      Pengadaan
2.         Melaksanakan pembinaan guru dan karyawan
3.         Melakukan pembaharuan dalam menggali sumber daya di BP 3 dan masyarakat
7)             Kepala Sekolah Sebagai Motivator
a.            Mengatur ruang kantor yang konduktif untuk bekerja
b.           Mengatur ruang kantor yang konduktif untuk KBM / BK
c.            Mengatur ruang laboratorium yang konduktif untuk praktikum
d.           Mengatur ruang perpustakaan yang konduktif untuk belajar
e.            Mengatur halaman / lingkungan sekolah yang sejuk dan teratur
f.            Menciptakan hubungan kerja yang harmonis sesama guru dan karyawan
g.           Menciptakan hubungan kerja yang harmonis antar sekolah dan lingkungan
h.           Menerapkan prinsip penghargaan dan hukuman. Dalam melaksanakan tugasnya. Kepala sekolah dapat mendelegasikan kepada wakil kepala sekolah

                  1.          Pustakawan Sekolah
Pustakawan sekolah membantu kepala sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
a.         Perencanaan pengadaan buku-buku / bahan pustaka / media elektronik
b.         Pengurusan pelayanan perpustakaan
c.         Perencanaan pengembangan perpustakaan
d.        Pemeliharan dan perbaikan buku-buku / bahan pustaka / media elektronik
e.         Inventarisasi dan pengadministrasian buku-buku / bahan pustaka / media elektronik
f.          Melakukan layanan bagi siswa, guru dan tenaga kependidikan lainnya, serta masyarakat
g.         Penyimpanan buku-buku / bahan pustaka / media elektronik
h.         Menyusun tata tertib perpustakaan
i.           Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan perpustakaan secara berkal

                  2.          Wakil Kepala Sekolah
Wakil kepal sekolah membantu kepala sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
a.       Menyusun perencanaan, membuat program kegiatan dan pelaksanaan program
b.      Pengorganisasian
c.       Pengarahan
d.      Ketenangan
e.       Pengoordinasian
f.       Pengawasan
g.      Penilaian
h.      Identifikasi dan Pengumpulan data
i.        Penyusunan laporan
Wakil kepala sekolah, bertugas membantu kepal sekolah dalam urusan-urusan sebagai berikut :

                  3.          Kurikulum
a.       Menyusun dan menjanarkan kalender pendidikan
b.      Menyusun pembagian tugas dan jadwal pelajaran
c.       Mengatur program penyusunan program pengajaran (program catur wulan, program satuan pelajaran, dan persiapan mengajar, penjabaran dan penyesuaian kurikulum
d.      Mengatur pelaksanaan kegiatan kurikuler dan ekstra kurikuler
e.       Mengatur pelaksanaan program penilaian kriteria kenaikan kelas, kriteria kelulusan, dan laporan kemajuan belajar siswa, serta pembagian raport dan STTB
f.       Mengatur pelaksanaan program perbaikan dan pengajaran
g.      Mengatur pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar
h.      Mengatur pengembangan MGMPP dan koordinator mata pelajaran
i.        Mengatur mutasi siswa
j.        Melakukan supervisi administrasi dan akademis
k.      Menyusun laporan

                  4.          Bendahara
a.       Mengurus pemasukan uang termasuk BP3
b.      Mengurus pengeluaran / penggunaan termasuk gaji / honor / kegiatan siswa

                  5.          Kesiswaan
a.       Mengatur program pelaksanaan bimbingan dan konseling
b.      Mengatur dan mengkoordinasikan pelaksanaan 7K ( Keamanan, Kebersihan, Ketertiban, Keindahan, Kekeluargaan, Kesehatan dan kerindangan )
c.       Mengatur dan memebina program kegiatan OSIS meliputi kepramukaan, Palang Merah Remaja (PMR), Kelompok Ilmiah Remaja (KIR), Usaha Ksehatan Sekolah (UKS), Patroli Keamanan Sekolah (PKS) dan Paskibraka
d.      Mengatur program pesanten kilat
e.       Menyusun dan mengatur pelaksanaan pemilihan siswa teladan sekolah
f.       Menyelenggaraka cerdas cermat, olah raga prestasi
g.      Menyeleksi calon untuk diusulkan mendapat beasiswa

                  6.          Sarana Prasarana
a.       Merencanakan kebutuhan sarana prasarana untuk menunjang proses belajar mengajar
b.      Merencanakan program pengandaannya
c.       Mengatur pemanfaatan sarana dan prasarana
d.      Mengelola perawatan, perbaikan dan pengisian
e.       Mengatur pembakuannya
f.       Menyusun laporan

                  7.          Hubungan dengan Masyarakat
a.       Mengatur dan mengembangkan hubungan dengan BP3 dan peran BP3
b.      Menyelenggarakan bakti sosial, karyawisata
c.       Menyelenggarakan pameran hasil pedidikan di sekolah ( gebyar pendidikan)
d.      Menyusun laporan

                  8.          Laborat
Mengelola laboratorium membantu kepala sekolah dalam kegiatan kegiatan sebagai berikut :
a.       Perencanaan pengadaan alat dan bahan laboratorium
b.      Menyusun jadual dan tata tertib penggunaan laboratorium
c.       Mengatur penyimpanan dan daftar alat-alat laboratorium
d.      Memelihara dan perbaikan alat-alat laboratorium
e.       Inventarisasi dan pengadministrasian peminjam alat-alat laboratorium
f.       Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan laboratorium

                  9.          Guru
Guru bertanggung jawab kepada kepala sekolah dan mempunyai tugas melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar secara efektif dan efesien
                 Tugas dan tanggung jawab seorang guru meliputi :
1.         Membuat perangkat program pengajaran :
v  AMP
v  Program tahunan / cawu
v  Program satuan pelajaran
v  Program rencana pengajaran
v  Program mingguan guru
v  LKS
2.         Melaksanakan kegiatan pembelajaran
3.         Melaksanakan kegiatan penilaian proses belajar, ulangan harian, ulangan umum, ujian akhir
4.         melaksanakn analisis hasil ulangan harian
5.         Menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan
6.         mengisi daftar nilai siswa
7.         Melaksanakan kegiatan membimbing (pengimbasan pengetahuan) kepada guru lain dalam proses kegiatan belajar mengajar
8.         Membuat lat pelajaran/alat peraga
9.         Menumbuh kembangkan sikap menghargai karya seni
10.     Mengikutu kegiatan pengembangan dan pemasyarakatan kurikulum
11.     Melaksanakan tugas tertentu di sekolah
12.     Mengadakan pengembangan program pengajaran yang menjadi tanggung jawabnya
13.     Membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar siswa
14.     Mengisi dan meneliti daftar hadir siswa sebelum memuali pengajaran
15.     Mengatur kebersihan ruang kelas dan ruang praktikum
16.     Mengumpulakan dan menghitung angka kredit untuk kenaikan pengkatnya

              10.          Wali Kelas
Wali kelas membantu kepala sekolah dalam kegiatan-kegiatn sebagai berikut :
a.         Pengelolaan kelas
b.         Penyelenggaraan administrasi kelas meliputi
v  Denah tempat duduk siswa
v  Papan absensi siwa
v  Daftar pelajaran kelas
v  Daftar piket kelas
v  Buku absensi siwa
v  Buku kegiatan pembelajaran/buku kelas
v  Tata tertib siswa
c.         Penyusunan pembuatan statistik bulanan siswa
d.        Pengisian daftar kumpulan data nilai siswa (legger)
e.         Pembuatan catatan khusus tentang siswa
f.           Pencatatan mutasi siswa
g.         Pengisian buku laporan penilain hasil belajar
h.         Pembagian buku laporan penilaian hasil belajar

              11.          Guru Bimbingan dan Konseling
Bimbingan dan konseling membantu kepala sekolah dalam kegiatan-kegiatn sebagai berikut :
a.         Penyusunan program dan pelaksanaan bimbingan dan konseling
b.         Koordinasi dengan wali kelas dalam rangka mengatasi masalah-masalah yang dihadapi oleh siswa tentang kesulitan belajar
c.         Memberikan layanan dan bimbingan kepada siswa agar lebih berprestasi dalam kegiatan belajar
d.        Memberikan saran dan pertimbangan kepada siswa dalam memperoleh gambaran tentang lanjutan pendidikan dan lapangan pekerjaan yang sesuai
e.         Mengadaka penilain pelasanaan bimbingan dan konseling
f.          Menyusun statisk hasil peniulaian bimbingan dan konseling
g.         Melaksanakn kegiatan analisis hasil evaluasi belajar
h.         Menyusun dan melaksanakan program tindak lanjut bimbingan dan konseling
i.           Menyusun laporan pelaksanaan bimbingan dan konseling

              12.          Kepala Tata Usaha
Kepala tata usah sekolah mempunyai tugas melaksanakan ketata uasahan sekolah, dan bertanggung jawab kepada kepala sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
a.         Menyusun program kerja tata usaha sekolah
b.         Pengelolaan keuangan sekolah
c.         Pengurusan administrasi ketenagaan dan siswa
d.        Pembinaan dan pengembangan karir pegawai tata usaha sekolah
e.         Penyusuna administrasi perlengkapan sekolah
f.          Penyusunan dan penyajian data/statistik sekolah
g.         Mengkoordinasikan dan melaksanakan 7K
h.         Penyusuna laporan pelaksanaan kegiatan pengurusan katata usahaan secara berkala



2.                  DATA GURU DAN KARYAWAN

BIODATA GURU DAN KARYAWAN
MTs AL AMIRIYYAH BLOKAGUNG
NO
N A M A
JABATAN
TUGAS MENGAJAR


01
Masrofi, S.Pd.I
Guru/Ka. Sekolah
Aqidah Akhlaq

02
Ahmadi, S.Pd.I
Guru/ PKm. Kurikulm
Qur’an Hadist

03
Drs. Imam Tauhid
Guru/Pkm. Bp 
IPS

04
Solekan, S.Pd.I
Guru/PKm. Bendahara
Kertakes

05
Sunaryo, S.Pd
Guru/Pkm. Kesiswaan
B. Inggris

06
M. Ali Nasihin, S.Pd
Guru/Pkm. Bp
T.I.K/IPS/Ke-NU-an

07
Drs. Nor Kholis
Guru/ Pkm. Humasy
Penjaskes

08
Nur Hasim
Guru/ Sarpras
Fiqih

09
H. Islamuddin
Guru/ Wali Kelas
B. Daerah

10
Asmu'I, S.Pd
Guru/Wali Kelas
PPKn, Kertakes

11
Siti  Rahayu
Guru/ Wali Kelas
IPA

12
Eko Dewi Nugroheti, S.Pd
Guru/Wali Kelas
B. Inggris

13
Susyanti Kartika D, S.Pd
Guru/Wali Kelas
B. Inggris

14
Erlan Cahyaningsih, S.Pd
Guru/Wali Kelas
Matematika

15
Rijala Wanur, S.Pd
Guru/Wali Kelas
Matematika

16
Muslimin, S.Pd.I
Guru/Wali Kelas
IPS

17
Moh. Asrofi, S.Pd.I
Guru/Wali Kelas
IPS

18
Hadrotun Nikmah, S.Ag
Guru/Pembina OSIS
Fiqih

19
Mifathul Khoiriyah, S.Pd.I
Guru/Wali Kelas
PPKn

20
Kumalasari, S.Pd
Guru/Wali Kelas
IPA

21
Siti Halimah, S.Pd
Guru/Wali Kelas
Matematika

22
Qoni’aturrohmah, S.Pd
Guru /Wali kelas
S.K.I

23
Imam Sururi, S.Pd.I
Guru/Ka. Tata Usaha
Fikih

24
M. Ansori, S.Pd
Guru/Staf TU
Koord’ Ka. Madina

25
M. Hasan Ma’arif
Guru/Staf TU
B. Inggris

26
M. Ali Mahsun
Guru/Staf TU
Fikih


a.       Hubungan kerja/pertanggungjawaban kerja
Hubungan kerja di MTs Al Amiriyyah itu hanya meliputi 2 hal yaitu
a)         Hubungan kerja antara guru dengan Kepala sekolah
b)        Hubungan kerja antara guru dengan guru yang lainnya
Sedangkan pertanggung jawaban kerja yang ada di MTs Al Amiriyyah itu hanya ada satu yaitu :
b.      Pertanggung jawaban antara guru dengan Kepala sekolah
Pertanggung jawaban ini meliputi dalam hal :
1.      Pembuatan laporan perangkat pembelajaran seperti :
·         APP
·         Program tahunan
·         Program semester
·         Program satuan pelajaran
·         Program rencana pengajaran
·         Program mingguan guru
2.      Keaktifan siswa
3.      Dan lain-lain  
3.                  Pengkoordinasian (Coordinating)
a.       Keseimbangan peran guru dan karyawan sekolah
Setiap organisasi itu pasti mempunyai kegiatan-kegiatan tersendiri yang dapat memajukan organisasi tersebut sehingga orang-orang yang ada di organisasi tersebut mempunyai peran dan tugas sendiri-sendiri. Begitu juga dengan MTs Al Amiriyyah ini. Untuk mencapai agar kegiatan terlaksana dengan maksimal maka lembaga ini menyeimbangkan peran guru dan karyawan sekolah dalam artian saling kerja sama dan saling membantu antara guru dengan karyawan sehingga kegiatan yang ada di lembaga ini terlaksana dengan maksimal.
b.      Penjadwalan kerja
Agar kerja sama antara guru dengan karyawan di MTs Al Amiriyyah ini dapat berjalan dengan baik, maka lembaga ini membuat jadwal piket dengan tujuan agar supaya kegiatan belajar mengajar dapat terlaksana dengan lancar dan tidak ada kelas yang kosong atau bisa dikatan tidak ada kegiatan belajar mengajar. Adapun jadwal piketnya sebagai berikut :
JADWAL PIKET GURU
MTs Al Amiriyyah Tegalsari Banyuwangi
NO
HARI
NAMA
01
Senin
Drs. Imam Tauhid
02
Selasa
Rijala Wanur, S.Pd
03
Rabu
Ahmadi, S.Pd.I
04
Kamis
Nur Hasyim
05
Sabtu
Sunaryo, S.Pd
06
Ahad
Staf TU

c.       Penyelesaian masalah / penyamaan presepsi demi tujuan bersama
Organisasi yang merupakan satu kesatuan dari beberapa personel yang selalu punya tujuan dan program-program tertentu tidak akan ernah bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya koordinasi antara satu dengan yang lain. Begitu juga dengan MTs Al Amiriyyah ini, untuk menyelesaikan masalah dan untuk menyamakan presepsi untuk mencapai tujuan bersama yang diinginkan, lembaga ini telah menetapkan pertemuan rutin setiap satu bulan sekali. Selain itu juga lembaga ini terbiasa mengadakan rapat dadakan jika ada kepentingan yang mendadak atau terburu-buru.

d.      Pelaporan ke Dinas / Departemen
Demi untuk kemajuan bersama dan semakin tertanamnya rasa kekeluargaan, maka lembaga ini selalu melaporkan agenda belajarnya ke Dinas atau Departemen setiap akhir semester sekali
4.                  Pengawasan (Controling)
a.       Program supervisi Kepala Sekolah
Program supervisi Kepala Sekolah itu dibuat diawal tahun ajaran baru bersama-sama dengan Wakil Kepala Sekolah bersamaan dengan membuat RAPBS
b.       Tujuan supervisi kepala sekolah
Adapun tujuan dari sepervisi kepala sekolah yaitu untuk membuat kestabilan kinerja kepala sekolah serta bawahannya
c.       Pelaksanaan supervisi kepala sekolah
Pelaksanaan program supervise kepala sekolah tersebut diantaranya adalah :
a)                    Jangka pendek Yaitu setiap satu bulan sekali dengan objek murid, guru dan wali murid
b)                    Jangka menengah yaitu setiap satu semester dan
c)                    Jangka panjang yaitu setiap akhir tahun

d.       Hasil supervisi kepala sekolah
Hasil dari supervisi kepala sekolah yaitu ditindak lanjuti untuk menyempurnakan program ajaran berikutnya dan sebagai laporan pengurus

e.       Supervisi oleh pengawas sekolah
Supervisi oleh pengawas sekolah itu diadakan setiap tri wulan dan ditindak lanjuti oleh semua guru
 



























No comments:

Post a Comment